Resep Brownies Kukus Cokelat Sederhana




BROWNIES KUKUS COKELAT

Bahan A :
200 gr gula pasir
5 butir telur ukuran sedang
1 sdt emulsifier (aku pakai SP Ryoto)
Bahan B :
Dipanaskan sampai cair (tapi jangan sampai hangus coklatnya ya... makanya diaduk-aduk)
150 gr minyak sayur atau mentega atau margarin
100 gr Dark Cooking Chocolate (DCC)

*setelah mencoba-coba aku lebih suka pakai minyak sayur daripada margarin, karena jadi lebih empuk dan permukaannya tidak bergelombang, tapi sesuai selera masing-masing deh....*
Bahan C :
125 gr tepung terigu
25 gr susu bubuk
25 gr maizena
25 gr coklat bubuk
1 sachet vanili bubuk
1 sdt baking powder
*aku pakai susu dancow, maizena yang ditimbang di TBK, coklat bubuknya bendrops dan DCCnya colatta*

Cara Membuat :
- Kocok Bahan A sampai mengembang dan kental berjejak. Sementara itu dandang atau kukusan udah bisa mulai dipanaskan dengan api besar.
* aku pakai standing hand mikser di kocoknya 15 menit kecepatan tinggi*
- Tambahkan bahan B yang di cairkan, kocok dgn kecepatan rendah sebentar
- Masukkan bahan C yaitu bahan-bahan kering, kocok lagi dengan kecepatan rendah hanya sampai tercampur rata.
*Kalau yang belum terbiasa mengaduk bahan cair dan campuran tepung dengan mikser sebaiknya aduk balik dengan spatula saja, untuk mengurangi kemungkinan adonan telur jadi turun alias bantet*

- Tuang sebagian adonan ke loyang lalu kukus kira-kira 10 menit, setelah itu taburkan dengan mesis coklat (tanpa menurunkan loyang dari kukusan -iihh panas...la iya lah...- ) dan tuang rata sisa adonan. Kukus sampai matang kurang lebih 20 menit.
Nanti setelah matang kuenya akan terlihat terbagi 2, ditengahnya ada lapisan coklat mesis yg sudah meleleh...hm...sedap lho..
*aku biasa pakai loyang kotak 24 cm, terus aku potong 3 bagian dikemas dengan 3 mika bolu gulung ukuran 8X25 cm, supaya cantik hias dengan coklat, modelnya apa aja pasti cantik*

Sumber: resepdapurcakestation.blogspot.com